Rahasia kecantikan alami ada di alam dan sekelilingmu

Do you know what is Beauty? I think not my dear… 

Toxin di personal care products termasuk kosmetik ?

Ada banyak fancy ingredients di produk skincare, personal care, hingga kosmetik mulai dari yang bisa kita sebutkan sampai yang bikin lidah bisa keseleo atau kita seperti lupa ingatan. Yang kita pikir akan memberi kita hasil yang ajaib untuk kecantikan.

So, the big question is?

Apa yang membuat perawatan alami itu adalah cara untuk kulit cantik yang terbaik?

Pori-pori kita nggak pernah butuh bahan kimia sintetis, nggak pernah butuh bahan turunan minyak bumi.

Saat ini, kita lebih mengerti tentang data dari penelitian ilmiah tentang bahan kimia sintetis terutama yang berbahaya terhadap kesehatan, mulai dari menggangu keseimbangan hormon hingga ditemukan bahan-bahan tersebut pada jaringan payudara yang terkena kanker.

Jadi sekarang kenapa idealnya untuk kita menggunakan perawatan alami?

Sederhana saja, karena tubuh kita itu hidup, dan bahan-bahan alami itu bekerja selaras dengan tubuh kita, seperti tidak menggangu keseimbangan microorganisme pada tubuh, tidak menggangu keseimbangan alami kulit, termasuk produksi sebum hingga pada level microscopic.

Rata-rata dari kita tidak mengerti jika tubuh kita itu bukan saja penting bagian dalamnya, seperti kita minum yakult karena kita mengerti pencernaan kita butuh banyak bantuan microorganisme yang karena polusi, dan makanan yang tidak kita jaga, kita menjadi kekurangan keragaman microbiome untuk pencernaan. Bagaimana dengan kulit? Sama halnya seperti pencernaan yang memiliki microbiomenya sendiri, kulitpun memiliki microbiomenya sendiri, yang kesehatan microbiome ini sangant menentukan kulit kita akan sehat (cantik) atau tidak. Dan ini hanya satu dari banyak hal diseputar merawat kulit dengan cara alami untuk membuat kulit menjadi cantik.

Kesehatan kulit kita itu sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh kita. Mulai dari lapisan teratas, hingga lapisan terbawah kulit kita.

Ada sangat banyak bahkan ribuan bahan kimia sintetis yang tidak sehat untuk kulit. Yang tidak bisa kita bahas disini.

Mulai dari ratusan bahan turunan minyak bumi

Kemudian ada keluarga pengawet seperti paraben dan banyak lainnya, yang penggunaannya hanya sedikit sekitar 0.000 persen, tapi pun ini muncul di jaringan payudara yang diteliti terkena kanker.

Kemudian ada antibiotic seperti triclosan yang pun tidak sehat untuk ekologi air.

And on
And on
And on…..
So go figure it out!

Faktanya, kulitmu akan lebih sehat meski hanya dengan 1 oil untuk membersihkan wajah, dan melembabkannya pun dipakai untuk dari ujung rambut hingga kaki, then you just need another thing, seperti baking soda untuk merawat gigi dan gusi, dan simple natural soap, dan itu saja! Sesederhana itu kita bisa merawat kecantikan kulit bahkan sudah plus perawatan gigi dan rambut dan tubuh juga.

journey to beauty.jpg

 

Sekarang masalah heavy metal pada kosmetik yang juga berbahaya terhadap kesehatan, yang kita serap setiap harinya ketika kosmetik kita gunakan.

It’s a scary situation I might say L

Hanya dengan ritual membersihkan wajah, memberikan pelembab, kosmetik, tubuh kita menyerap minimal sekitar 200 jenis bahan kimia sintetis setiap harinya, dan hitung akumulasinya untuk tahunan hingga puluhan tahun kita menggunakan bahan kimia sintetis.

Sesederhana kita mandi dengan air ber klorin saja sangat tidak sehat. Bayangkan dengan segala hal di produk keseharian yang kita pakai setiap hari.

Sekarang, mungkin kalian mikirin, hampir satu dekade ini saya cuma menakut-nakuti kalian dengan segala efek untuk kesehatan dan lingkungannya. Ini semua seiring waktu bahkan saat ini, semua ini sudah ada data ilmiahnya. Dan bahkan semakin banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan banyak hal seputar bahan sintetis pada produk keseharian kita hingga parfum sintetis dan efeknya terhadap kesehatan dan lingkungan.

Jaman Avicenna, pengobatan itu seperti membuat parfum dan membuat parfum itu juga sekalian membuat obat. Ini bahasa saya saja, dengan kata lainnya, misal kita ngomongin essential oil atau rempah yang aromanya menyenangkan dan kita pilih untuk membuat kita wangi pada jaman dahulu, ini juga memberi dampak kesehatan yang sangat baik, seperti misal membuat kita bisa bernapas lega dengan peppermint atau eucalyptus. Jadi personal care jaman dulu itu, bukan saja membuat kita cantik, tetapi juga membuat kita sehat, dan sangat terkait satu sama lainnya. Dan yang paling penting, it’s all make sense J

Sesederhana surfaktan atau pembusa, mau itu pembusa sls atau yang mild, dari penelitian yang dilakukan, pembusa sintetis akan tinggal di pori-pori bahkan berhari-hari setelahnya meski langsung dibilas. Dan jangka panjangnya, kulit bisa teriiritasi, kemudian muncul berbagai ketidakseimbangan kulit seperti jerawat, melasma, rosacea dan banyak lainnya. Ini karena kita menggangu ekosistem kulit. Solusinya? Jangan pakai sabun sintetis. Apalagi untuk wajah. I will never put soap on my face skin. Pun untuk tubuh, sabun hanya kami pakai beberapa kali dalam seminggu untuk area-area tubuh yang benar-benar butuh sabun seperti lipatan tubuh.

Jadi idealnya untuk membuat kulit kita cantik itu, segala yang kita oleskan ke kulit hanyalah bahan yang akan memperkaya ekosistem kulit kita, tubuh kita agar bisa sehat dan mendukung keseimbangan alami kulit, bukan menggunakan bahan yang malah menghancurkan ekosistem kulit kita.

Jadi apa donk caranya untuk membersihkan kulit? Kalau tidak bisa pakai sabun?

Jawaban pertanyaan ini sebenarnya sudah ditemukan ribuan tahun yang lalu, yaitu membersihkan wajah dengan minyak alami, seperti jojoba oil, coconut oil, atau formulasi seperti soul of roses, sandalwood oil, kemudian minyak yang sudah dipijatkan ke wajah diangkat dengan kain. Mungkin aneh terdengarnya, tetapi hal ini sangat efektif dan terbukti tidak menggangu keseimbangan alami kulit bahkan memperkayanya.

I think you get the point.

Untuk punya kulit sehat, dan bisa dipoles hingga lebih cantik lagi, dasarnya adalah kulit yang sehat secara alami.

Dan untuk mendapatkan hal ini, ada banyak hal yang harus dilakukan dan dijaga, mulai dari cari tahu tentang kulitmu, terima kondisi kulitmu apa adanya dan berterima kasih punya kulit dan tidak lebih parah dari kondisi yang ada, menggunakan produk perawatan kulit dan kosmetik alami, merawatnya secara konsisten, hidup secara sehat, pastinya makan makanan sehat, kalau muncul masalah kulit, lakukan riset terlebih dahulu dan jangan termakan solusi dari iklan. Nggak ada fix solution dari masalah yang ada, karena semua masalah muncul dan membesar seiring waktu, bagaimana bisa kita menghilangkan masalah dalam sekejap hitungan detik-jam-hari, seperti memecah balon? Sangat nggak masuk akal, tidak ada solusi di dunia ini seperti itu kecuali solusi dalam iklan.

Jangan harapkan kulit kita bisa sehat jika produk yang kita pakai bukan produk alami.
Jangan harapkan kulit kita bisa indah kalau kulit tidak disehatkan secara alami

Kulit cantik itu harus sehat dulu
Kulit sehat itu berawal dari apa yang kita masukkan ke tubuh kita yang selaras dengan tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Kalau orang jaman dulu, “perfume is medicine”
Dan kata bapak kesehatan dunia Hippocrates “Makanan adalah obat kita”

Kenapa juga kita tidak belajar dari sejarah, kearifan dan bukti ribuan tahun yang sekarang sudah lebih banyak bukti ilmiahnya?

What are you waiting for?
Make your personal care products as your body supplement too!

Deasi

Ps: Don’t let our ego be the veil between our healty & beauty
As I always say, it’s never been easy, but it’s fun and rewarding inshaAllah

Pps: In case kalian nggak termotivasi atau tergugah dengan paparan ini dari segi kaitan kulit dan kesehatan dan cara merawatnya yang mendukung kesehatan, think for a minute, kemana semua limbah dari produk perawatan tubuh, kulit dan kecantikan versi yang sintetis? Ke tanah iya, ke badan air iya, yakinkan kita itu semua bisa terurai? Dan tidak meracuni lingkungan? Mungkin kita sudah diet plastik untuk belanjaan setiap hari, atau makanan kita sudah organic fair trade tanpa packaging plastik, tapi ada hal lain yang masih masuk ke tubuh kita, yang pada rata-rata orang tidak kita sadari. Masuk ke tubuh dan kemudian ke bumi kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s