Estrogen Baik & Jahat vs Masalah Jerawat

Berbicara tentang hormon adalah sesuatu hal yang sangat rumit dan kompleks yang efeknya ke tubuh kaitannya dengan jerawat dan masalah kulit lainnya menyerupai efek domino.

Ada beberapa jenis hormon estrogen di tubuh kita. Estrogen yang baik membuat kita sehat dan melindungi kita dari jerawat. Estrogen jahat yang terlalu tinggi kadarnya membuat jerawat menjadi agresif dan membuat gejala ketidakseimbangan hormon lainnya.

Kebanyakan estrogen jahat adalah estrogen palsu atau memimik struktur kimia estrogen, dan estrogen ini kita dapatkan dari lingkungan di luar tubuh kita, estrogen ini disebut Xenoestrogen. Dan estrogen yang satu ini sangat sulit untuk kita hindari dari kehidupan di dunia modern.

Apa saja sih sumber xenostrogen ini dan bagaimana cara menghindarinya?

  • Pil KB, penuh dengan bahan kimia sintetis, adalah estrogen beracun yang lebih sulit untuk diuraikan di dalam tubuh kita dibandingkan dengan estrogen alami. Jika kamu tetap ingin menggunakan pil KB, pastikan untuk menggunakan supplement DIM untuk mengatasi efek negatif xenoestrogen dari pil KB.
  • Kosmetik, make up, body lotion, deodorant, produk perawatan dan penataan rambut, shaving cream, pewarna rambut, pembersih wajah, pelembab, shampoo, conditioner, dll. Semua produk perawatan tubuh dan kecantikan yang ada di pasaran yang penuh dengan bahan kimia sintetis kebanyakan penuh dengan distruptor endoktrin xenoestrogen. Dimana banyak diantaranya akan masuk ke aliran darah kita. Idealnya pilih produk yang benar-benar alami, cek ingredients.
  • Plastik, ada 2 xenoestrogen paling kuat yang terkandung dalam plastik, yaitu Bisphenol-A (BPA) dan phthalates yang keduanya digunakan untuk membuat plastik. BPA juga ditemukan di dalam wadah produk kalengan. Cek alat plastik pada makanan dan sekitar rumahmu, terutama yang kamu gunakan untuk makan dan minum dan bahan makanan yang menggunakan wadah plastik dan kaleng. Jangan sekali-kali memasukkan makanan atau minuman panas atau mengkonsumsi makanan dan minuman panas yang disimpan dalam wadah plastik, karena proses transfer xenoestrogen sangat besar dengan adanya pembawa panas. Memang tidak mudah untuk menghindari plastik dari keseharian kita, tetapi cobalah untuk mengurangi penggunaan plastik di keseharianmu terutama di dapur dan seputar makanan dan minuman. Pilih wadah penyimpanan makanan dari stainless atau bahan selain plastik.
  • Produk hewani termasuk ikan non organik, bahan makanan pada kategori ini seringkali mengandung xenoestrogen yang diberikan kepada hewan ternak tersebut lewat makan mereka dan supplement untuk menjaga kesehatan mereka. Termasuk juga tambahan Bovine Growth Hormone yang ada korelasi langsung dengan jerawat. Pilih produk hewani organik dan yang dirawat stress free, seperti free range.
  • Pestisida, Banyak dari pestisida sintetis ini disemprotkan pada buah, sayur, makanan ternak yang tergolong estrogenic. Bahkan pestisida sintetis ini juga disemprotkan pada halaman rumah hingga padang golf dan taman kota. Sebisa mungkin konsumsi hanya bahan organik. Dengan pilihan organic, jika kamu banyak mengkonsumsi hewani, pastikan pilih hanya organic dan sayuran buah yang tidak organic (jika keuangan tidak memungkinkan), atau jika konsumsimu vegan/vegetarian, fokuskan pada konsumsi sayuran, buah organic. Dan bersihkan produk non organic secara ekstra.
  • Produk pembersih rumah tangga, rata-rata produk komersial sintetis seperti sabun, detergen untuk membersihkan perabotan, baju, dll seputar kebutuhan rumah tangga mengandung bahan kimia sintetis yang memimik estrogen. Pilih pembersih rumah tangga alami atau alternatif murah yaitu pilih baking soda, cuka apel dan sabun alami. Hati-hati dengan detergen sintetis dan dryer sheets (jika kamu menggunakannya), karena akan menempel pada baju, dan terserap oleh kulitmu.
  • Pembalut dan tampon sekali pakai, dalam proses pembuatannya biasanya menggunakan proses pemutihan secara kimia sintetis menggunakan klorin dan menghasilkan dioxin. Diberi tambahan pewangi sintetis dan pestisida, yang kesemuanya adalah estrogenic. Ganti dengan pembalut kain organic atau moon cup or let it flow if you know what I mean? (seperti orang jaman dulu). Selain ramah lingkugan, juga sangat sehat untuk tubuh).
  • Kedelai dan Flax seed, hindari kedua bahan makanan ini karena merupakan sumber terbesar estrogen tanaman atau phytoestrogen atau xenoestrogen alami. Ada sangat banyak estrogen tanaman secara alami, tetapi kedelai dan flax seed adalah estrogen tanaman yang paling kuat yang idealnya dihindari jika punya masalah ketidakseimbangan hormone. Gantinya, konsumsi banyak makanan antioxidant yang akan menolong tubuh kita untuk melindungi kita dari xenoestrogen.

images.png

sumber foto: http://www.marshafenwicknutrition.com/xenoestrogens/

Solusi yang sederhana adalah: 

  1. Menghindari xenoestrogen dikeseharian kita
  2. Membersihkan kulit dengan botanical bebas xenoestrogen
  3. Boosting kesehatan pencernaan dengan probiotik
  4. Konsumsi sayuran keluarga cruciferous seperti kale, brokoli, bunga kol, kol, dll
  5. Hindari kedelai dan segala bahan mengandung kedelai

 

Mom Deasi 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s