Kenapa sih produk perawatan kulit untuk jerawat, breakout itu banyak yang nggak manjur?

Pernahkah kalian ngerasain nyobain berbagai macam perawatan tuk ngilangin jerawat, komedo, sering breakout, termasuk bruntusan mulai dari yang kimia hingga yang lembut alami tapi tetap aja masalahnya timbul tenggelam.

Bikin sebel, bikin frustasi terutama? Aku bisa ngebayangin dan sangat mengerti perasaan kalian. Setiap harinya selama hampir 7 tahun, kami menerima email tentang masalah satu ini!

Biasanya nih, produk yang kamu pilih, kamu pakai, untuk sementara waktu akan bekerja, atau tidak sama sekali. Tidak ada produk yang benar-benar mengatasi masalahmu. Kecewa? Sudah pasti! Biasanya email yang masuk pasti nyebutin pengalamannya, memakai produk ini, itu, yang disana, disini, klinik ini, itu, tapi tetap aja nggak ada hasilnya atau yang parahnya (malah yg kategori ini lebih banyak), masalah jerawatnya tambah parah. Kalo bisa aku bilang, GMS jadi tempat terakhir/last resort untuk solusi semua masalah yang parah-parah itu.

Salah satu pertanyaan yang kerap aku tanyain adalah: apa maksudnya produk yang dipilih tidak bekerja/tidak manjur?

Pengertian tidak manjur/tidak bekerja aku kategorikan menjadi 2:

  • Tidak bekerja karena tidak memberi hasil sesuai apa yang dimaksudkan, misal, pembersih tidak benar-benar membersihkan kulit, pelembab tidak melembabkan kulit, dll.
  • Tidak bekerja dalam artian, tidak sesuai harapan si pemakai. Misal, pencerah kulit dianggap tidak bekerja karena maunya bisa bikin kulit lebih putihdari warna asli kulit, produk jerawat bisa membuat kulit tanpa noda dan tidak lagi muncul jerawat sama sekali, dll.

Jujur, berdasarkan pengalaman memformulasi produk yang sudah dipakai oleh ribuan orang termasuk memberikan konsultasi langsung, dan melihat industri kosmetik saat ini, menurutku, sebagian besar pemakainya memiliki pengharapan yang sangat besar dan terlalu tinggi terhadap apa yang digunakannya, jauh melebihi manfaat yang diracik dari setiap produk. Biasanya banyak dari kita yang mengharapkan adanya perubahan drastis atau penyembuhan ajaib. Jujur saya kemukakan. Bahwa tidak ada satupun produk perawatan jerawat yang bisa menghambat atau menghentikan breakout di dunia ini. Misal ada produk ajaib untuk masalah ini, pasti tidak ada yang jerawatan lagi, dan pasti jerawat bukan jadi masalah kulit no.1 di dunia terutama di negara maju dan berkembang, terutama lagi di negara-negara yang konsumsinya sudah banyak junkfood, processed food dan tidak organik dimana orang-orangnya jauh dari hidup alami dan bahagia.

Hal terbaik yang bisa dihasilkan dari skincare yang bagus adalah produk tersebut akan MEMBANTU kulitmu menjadi lebih sehat dan indah juga membantunya agar pulih lebih cepat.

Jadi apa sih yang sebenarnya bisa menyembuhkan masalah jerawat dan breakoutmu? Jawabannya sangat sederhana! TUBUHMU adalah penyembuhnya, bukan skincaremu!

clear-skin-fast

Susahkah hal ini untuk kamu terima sebagai kebenaran? Pengalamanku jaman remaja? Mungkin bisa dibilang beruntung karena aku tidak super smart, tidak teredukasi oleh bahaya lifestyle, makanan juga skincare sinstetis terhadap kulit. Tapi secara naluri aku berlari berbalik mengkonsumsi lebih banyak sayur & buah, vegetarian food (aku sudah mulai minum jus buah dan sayur diusia SMP), dan merawat kulit dengan raw food (jaman dulu mana ada produk kayak Rainforest dan Secret Garden). Butuh perjalanan penyadaran yang lama hingga bertemu dan menikah dengan Green Daddy, barulah semuanya ku mengerti alias “I finally get it, AHA!”.

Banyak diantara sahabat Green Mommy yang secara jujur terbuka mengakui telah menghabiskan jutaan hingga puluhan juta hingga perjalanan dokter kulit di Jepang hanya untuk mencari solusi kulit bebas jerawat dan breakout. Hasilnya? Kulit menjadi merah, sensitif, kering, jerawat silih berganti datang, terutama jika perawatan atau “cream obatnya habis.

Pikir meraka “semakin banyak produk yang dipakai, semakin produk tersebut bisa bekerja” atau “pencarianku belum selesai, pasti ada produk diluaran sana yang bisa memberi miracles”

Sadarkan kalian jika tidak ada produk yang bisa menghilangkan jerawat, breakout hingga masalah kulit lainnya? Tubuh kita itu satu-satunya jawaban kulit sehat dan indahmu. Jika aku akhirnya menemukan AHA momentku ketika belajar dari suami, aku berharap saat ini kalian juga menemukan AHA moment kalian karena membaca pengalamanku dan kenyataan yang ada. Kulitku yang jarang bermasalah sejak remaja tidak  pernah seindah kulitku setelah menikah dimana secara drastis aku mengubah pola makan dan lifestyle. Komentar yang paling sering kudapatkan mulai dari dipikir anak SMA, Kuliah, kata teman sma atau kuliahku aku tidak berubah (not aging, sebenarnya sih aging slowly), hingga dipikir si Adam yang baru berusia 2 tahun yang kebetulan adalah anak terakhirku (inshaAllah) adalah anak pertamaku, dan selalu yang mengira jadi kaget, dipikir aku ibu muda, nggak pantas punya anak banyak dan sudah besar-besar pula (aku sebenarnya reaching 40!).

Meski bisa memformulasi berbagai produk alami yang efektif, yang penggemarnya banyak, tetap saja aku orangnya nggak memakai banyak produk, alias, Literally, ONE or TWO products can do all for me. Yang lebih kupentingkan adalah pola makan sehat, cukup tidur, berolahraga, berjemur matahari sambil berkebun, bersyukur dan bahagia, semampuku (meski terkadang beberapa hal tidak mudah untuk dilakukan, terutama tidur). Aku sering mencoba untuk tidak bergantung pada produk perawatan kulit. Tetapi bergantung pada kesehatan tubuhku. Mungkin kalian bisa tidak percaya kalau aku bilang, pernah bertahun-tahun aku tidak menggunakan pelembab atau pembersih tubuh dan wajah apapun (sebelum-sudah menikah tapi GMS belum lahir).

Produk perawatan kulit berjerawat itu bukan penyembuh jerawat. Fungsinya adalah untuk MEMBANTU tubuh menyembuhkan jerawat, membersihkan, menutrisi (tapi tidak seefektif nutrisi dari dalam tubuh), merawat dan melindungi kulit.

Penyembuh jerawat dan masalah kulitmu ya TUBUHMU! Tubuh yang lebih sehat dari saat ini pastinya.

Dan jika kamu sudah mengerti dasar dari solusi masalah kulitmu, kamu bisa lebih bijak memilih produk perawatan kulit yang dibutuhkan dan ekspektasi akan produk tersebut menjadi lebih realistis. Karena kamu tahu.

Dengan segera dan sadar kamu akan memiliki pemahaman baru tentang produk yang kamu pilih, bahwa produk yang kamu pilih bukan magic cleanser, bukan magic acne spot yang bisa langsung menyulap jerawat menjadi lenyap, tetapi pilihan produkmu adalah untuk membantumu mengatasi masalah jerawat, karena produk tersebut lembut dan membantu kesehatan kulitmu. Yang perlu ditekankan untuk teman-teman yang mempunyai masalah jerawat dan sejenisnya adalah, pilihlah produk alami yang lembut yang akan semaksimal mungkin membantu menyeimbangkan kulit, melindungi, merawat kulit dan tidak membuat kulitmu menjadi sensitif dan teriiritasi. Jika kamu memilih produk perawatan yang berbahan sintetis kimia berbahaya, mengiritasi kulit, hasilnya hanya akan membuat tubuhmu sulit untuk menyembuhkan jerawat dan breakout yang muncul.

Panduan untuk mencari Skincare yang baik untuk kulit berjerawatmu adalah produk yang:

  • Membersihkan kulit termasuk sel kulit mati tanpa membuat kulitmu kering, terasa kesat, kencang, memerah dan teriritasi.
  • Melembapkan kulit
  • Menenangkan kulitmu dan menjaganya dari teriritasi atau menjadi merah.
  • Menyeimbangkan kulit
  • Sangat lembut, agar memudahkan tubuh menyembuhkan jerawat
  • Melindungi kulit dari panas, kelembapan udara, kering, polusi, paparan matahari, dll).

JANGAN PERNAH menggunakan produk perawatan atau melakukan perawatan yang:

  • Membuat kulitmu terasa kesat, kering, ketarik atau jadi bersisik.
  • Produk yang membuat kulitmu menjadi berminyak setelah beberapa jam kemudian. Ini tandanya produk tersebut terlalu mengeringkan kulit yang membuat kulitmu memproduksi minyak lebih untuk melindungi kulitmu (baca: mekanisme kulit alami).
  • Produk berbahan kimia sintetis keras, atau mengandung asam yang keras seperti AHA sintetis. Produk seperti ini terlalu mengiritasi kulit terutama ketika kulitmu sedang ada jerawat atau breakout.
  • Dengan membersihkan kulit terlalu sering dengan air yang terlalu panas atau terlalu sering melakukan penguapan. Kulit yang berjerawat/sensitif akan menjadi memerah, teriritasi dan menjadi lebih kering. Dan bisa juga membuat bertambahnya produksi minyak alami kulit.
  • Mengeksfoliasi kulit dengan scrub kasar.

JANGAN PERNAH KAMU LAKUKAN: Menyentuh jerawat, mengelupasnya, mengekstrasi sendiri, mengekfoliasi secara kasar, karena semua ritual ini hanya akan membuat kulitmu luka, teriritasi, dan memperparah kondisi kulit.

Dari kesemua paparan diatas, hal yang paling penting untuk dirubah adalah Pola Makan dan Gaya Hidup dan skincaremu!

Tidak peduli seberapa canggih dan seberapa mahal dan seberapa jauh kamu mencari perawatan kulitmu. Akan percuma saja jika kamu tetap mengkonsumsi junk food, processed food, sintetic food, merokok, minum kopi berlebih, doyan minum soda, susu, keju, coklat (jika kamu sensitif dengan produk susu tanpa kamu sadari dan banyak yang nggak sadar), termasuk jarang tidur, nggak bahagia dan bersyukur, tidak berolahraga. Apapun yang kamu usapkan ke kulit wajahmu, Tidak ada yang akan membuat kulitmu sembuh dan berubah menjadi lebih sehat! As I said, it’s your body that’s going to heal the breakouts and get rid of the acne. Merawat tubuh agar tetap sehat dan bahagia adalah kunci kulit yang dengan sendirinya akan menjadi sehat dan indah juga berkilau (Ngomong-ngomong tentang kulit glowing/berkilau.. banyak pula email yang masuk terutama dari wanita dewasa/menikah/punya anak, yang curhat, kulitnya tidak berkilau/kusam tidak seperti ketika sebelum menikah!, ehemm, check-check apakah yang berubah tanpa kita sadari? Dan tanyakan pada diri sendiri, menjadi seberapa longgarkah batasan kita tentang kesehatan yang biasanya menjadi terkompromikan karena sibuk mengurus keluarga?).

When Your Body Heal, Your Skin Will Heal!

Pusing dan ribet plus complicated rasanya membaca tulisan ini? Jadi apa sih yang idealnya kita perbaiki dengan mudah sekarang juga?

Tanya pada diri sendiri, apa kira-kira yang bisa kamu ubah sekarang juga (Hari ini bukan besok)? Lifestyle? Pilihan skincare? Atau Pola makanmu? Atau mungkin mulai berolahraga? Tidak ada perubahan yang langsung sulap semalam jadi. Semua butuh proses. Jadi sabar ya..

Yang paling penting adalah mulai! Kamu akan lebih termotivasi ketika perubahan terlihat. Hal baru yang dijalani juga adalah sesuatu yang menantang dan menyenangkan. Do you know, that Your unique story of your own in healing your acne and make your skin beautiful naturally will be something to empower yourself and others. It will bring so much happiness and gratefulness.

—————————————————————————————————————————————————————————–
Jangan lupa, daftarin emailmu lewat comment untuk mendapatkan tips sukses untuk pola makan bebas jerawat dan perawatan kulitnya yang terangkum dari pengalaman kami membantu banyak customer dengan masalah kulit berjerawatnya.

Klik link ini untuk posting commentnya ya..: kulit sehat cantik yang bebas jerawat bruntusan dan breakout

 

My Prayers for Your Beautiful Healing Journey,

Deasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s